4 Alasan Mengapa Network Security Itu Penting yang Wajib Diketahui!

Network security atau keamanan jaringan merupakan bidang yang paling dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Sebab dengan adanya bidang tersebut, privasi data dan keamanan dalam berkomunikasi secara daring dapat terjamin keamanannya serta kerahasiaannya. Mengingat pentingnya network security, sampai-sampai diadakan konferensi bertaraf internasional yang membahas mengenai hal tersebut. Untuk informasi lengkap mengenai penyelenggaraan konferensi tersebut, dapat dilihat di situs cans2023.com

Meski begitu, ternyata masih ada sebagian orang yang masih belum mengetahui apa pentingnya network security. Untuk pembahasan selengkapnya mari perhatikan ulasan berikut. 

Mengapa network security itu penting? 

Ada beberapa alasan yang membuat network security begitu penting bagi kehidupan sehari-hari di era digital. Adapun alasan selengkapnya sebagai berikut.

1. Melindungi data dalam jaringan 

Alasan mengapa network security itu penting bagi jaringan dan sistem aplikasi, baik untuk keperluan perorangan, organisasi ataupun  perusahaan karena network security mampu melindungi data dalam jaringan. Seperti diketahui ada beragam informasi yang tidak seharusnya dapat diakses secara bebas oleh masyarakat luas karena beberapa informasi yang bocor ke masyarakat dapat mempengaruhi reputasi sebuah perusahaan. 

Selain itu, data perusahaan juga perlu dilindungi karena demi keberlangsungan bisnis karena setiap perusahaan perlu menjaga privasi data dari para karyawannya, rencana produksi, hingga keuangannya. Network security juga berperan agar setiap perusahaan sesuai dengan aturan GDPR (General Data Protection Regulation).  Selain perusahaan, data dari klien perusahaan juga perlu dilindungi dari tindak peretasan sehingga klien dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman.

2. Melindungi dari Ransomware yang berbahaya 

Seperti diketahui Ransomware merupakan jenis Malware yang mengancam sebuah kerahasiaan sebuah data, terutama jenis Ransomware yang berbahaya. Jenis Ransomware yang satu ini dapat menyabotase hingga mencuri data-data penting pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu, network security berfungsi untuk mengatasi segala jenis Ransomware yang berbahaya tersebut karena network security mampu mengamankan dan mengunci semua pintu masuk semua jaringan sehingga Ransomware yang berbahaya tidak dapat masuk dengan mudah.

3. Memastikan kinerja jaringan 

Network security juga berperan penting terhadap kinerja jaringan karena network security mampu memastikan pengguna jaringan dapat mengakses layanan dan  sumber daya yang dibutuhkan dengan cepat, bebas hambatan, dan terlindungi dari serangan siber.

4. Meningkatkan performa jaringan 

Alasan terakhir mengapa network security itu penting karena dapat meningkatkan performa jaringan. Dengan begitu potensi terjadinya intrusi jaringan dan down  time dapat diminimalkan sehingga meningkatkan efisiensi terhadap jaringan yang signifikan. Hal tersebut tentunya dapat berpengaruh pada produktivitas sebuah bisnis. 

Cara menerapkan network security pada perusahaan 

Mengingat pentingnya network security dalam keamanan dan privasi data. Hal tersebut bisa Anda terapkan pada perusahaan yang Anda kelola. Adapun cara menerapkannya sebagai berikut.

1. Mematikan fitur Interface Router 

Mematikan fitur Interface Router merupakan langkah yang tepat untuk mencegah proses penyusupan oleh pihak peretas.

2. Back up secara berkala

Back up secara berkala data-data atau file penting perusahaan di aplikasi cloud sehingga terhindar dari ancaman Malware. Selain itu penyimpanan di cloud juga tidak memiliki batas kapasitas penyimpanan.

3. Menggunakan antivirus

Seperti diketahui di setiap tahunnya  Malware mengalami perkembangan sehingga dapat mencuri data atau informasi dengan mudah. Untuk mengatasi hal tersebut maka perangkat jaringan pada perusahaan Anda perlu menggunakan antivirus.

4. Ganti alamat SSID

Mengubah alamat SSID pada Router dengan nama yang tidak sesuai dengan bisnis dapat melindungi perusahaan dari kebocoran data. 

Komentar