Prospek Kerja di Luar Negeri yang Cocok bagi Lulusan Farmasi

PAFI Kota Bireun merupakan wujud nyata bahwa dunia farmasi di Indonesia semakin berkembang. PAFI Kota Bireun memiliki impian ingin menjadikan ahli farmasi dan tenaga kefarmasian di Indonesia semakin kompeten dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dengan kompetensi tersebut diharapkan ahli farmasi dan tenaga kefarmasian di Indonesia dapat berkiprah di luar negeri. 

Adapun prospek kerja di luar negeri yang bisa dicapai lulusan farmasi sebagai berikut. 

1. Clinical/Hospital Pharmacist

Clinical / hospital pharmacist merupakan prospek kerja di luar negeri yang memiliki peluang tinggi bagi lulusan farmasi. Sebab klinik dan rumah sakit di luar negeri membutuhkan banyak tenaga kefarmasian karena pelayanan kesehatan disana sangat cepat dan maju. Pada prospek kerja ini, nantinya lulusan farmasi wajib memahami cara penggunaan berbagai obat serta apa interaksi yang ditimbulkan oleh obat. Nantinya, Anda juga akan bekerja sama dengan dokter sebagai profesional medis dalam memberikan nasihat mengenai jenis, dosis, dan cara pemberian obat. Dalam situasi tertentu, Anda juga harus meracik obat untuk setiap pasien. 

2. Industrial Pharmacist/Research Pharmacist

Prospek kerja yang satu ini juga memiliki peluang yang besar bagi lulusan farmasi Indonesia untuk bekerja. Prospek kerja ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat terobosan terbaru dalam mengobati dan menyelamatkan nyawa jutaan penduduk di dunia. Pada prospek kerja ini, nantinya Anda akan menjadi apoteker industri untuk melakukan riset dalam pengembangan dan pengujian obat-obatan terbaru. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa obat-obatan yang Anda buat tersebut efektif dan aman dikonsumsi. Apabila obat-obatan tersebut sudah tepat, barulah diproduksi secara massal. 

3. Community/Retail Pharmacist

Prospek kerja ini mirip dengan pekerjaan sebagai apoteker ritel atau komunitas di Indonesia. Namun, jika di luar negeri pekerjaan ini lebih kompleks lagi karena Anda harus bertanggung jawab dalam proses pendistribusian berbagai obat serta mengontrol obat apakah sudah sesuai dengan kode etik, regulasi, dan hukum. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat umum mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan dosis. Selama bekerja, Anda juga perlu memberikan informasi mengenai pelayanan kesehatan kepada pelanggan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

4. Pharmaceutical Sales Executive

Di luar negeri prospek kerja di bidang farmasi ini banyak diminati karena Anda bisa bekerja penuh waktu dan paruh waktu. Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang eksekutif penjualan farmasi, Anda perlu memiliki kemampuan dalam mempromosikan produk dan layanan jasa dari perusahaan farmasi kepada klien di industri pelayanan kesehatan. Disini pemahaman mengenai farmakologi Anda sangat dibutuhkan untuk menjelaskan sediaan obat, sifat kimia yang terkandung, cara kerja obat, interaksi obat hingga efek samping obat. 

5. Regulatory Pharmacists

Prospek kerja yang satu ini juga memiliki peluang yang besar bagi lulusan farmasi. Regulatory pharmacists mirip dengan kerja BPOM di Indonesia, hanya saja yang Anda awasi merupakan produk farmasi di luar negeri. 

6. Lecture Pharmacists

Prospek kerja ini mirip tenaga pendidik atau dosen di Indonesia. Bagi Anda lulusan S2 farmasi, Anda bisa berkiprah di luar negeri menjadi dosen di beberapa fakultas farmasi di kampus ternama dunia seperti Harvard University, Monash University, UCL, University of Oxford, dan John Hopkins University. Dari keenam prospek kerja di atas, pekerjaan mana yang Anda pilih?

Jika Anda masih bingung dengan pilihan Anda, Anda bisa bergabung dengan PAFI untuk mendapatkan insight yang bagus mengenai prospek kerja di bidang farmasi. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi web PAFI di https://pafikotabireuen.org/.

Komentar