Peran PAFI dalam Mengatasi Krisis Kesehatan di Indonesia

Meskipun masa pandemi telah usai, krisis kesehatan di Indonesia masih belum benar-benar pulih. Untuk memulihkan krisis kesehatan tersebut PAFI Kandangan beserta cabang PAFI lainnya bekerjasama dengan berbagai organisasi kesehatan lainnya dalam memberikan layanan. 

Lantas apa saja peran yang dilakukan PAFI untuk mengentaskan Indonesia dari krisis kesehatan? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

Peran PAFI dalam mengatasi krisis kesehatan di Indonesia 

Berikut beberapa peran PAFI dalam mengentaskan Indonesia dari krisis kesehatan.

1. Turut andil mengembangkan dan memproduksi obat 

Sebagai organisasi yang menaungi para ahli farmasi di Indonesia, tentunya PAFI memiliki anggota yang kompeten di bidang kefarmasian. Seperti diketahui, pengembangan dan produksi obat merupakan langkah utama untuk mengatasi krisis kesehatan di Indonesia. Para ahli farmasi dari PAFI kerap kali melakukan penelitian di laboratorium agar bisa menemukan dan mengembangkan berbagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Selain itu, PAFI berupaya untuk memproduksi obat sendiri tanpa harus mengimpor dari negara lain. Hal ini dapat menurunkan tingkat ketergantungan pembelian obat dari negara lain sehingga menimbulkan dampak positif terhadap keterjangkauan harga obat. Dengan begitu, masyarakat yang kurang mampu dapat membeli obat-obatan tersebut.

2. Turut andil dalam proses pendistribusian dan aksesibilitas

Pendistribusian obat yang merata merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam peran PAFI untuk mengatasi krisis kesehatan di Indonesia. Di negara yang memiliki ribuan pulau seperti Indonesia ini, proses pendistribusian atau logistik kerap kali menjadi kendala besar dalam memastikan setiap orang mendapatkan akses obat-obatan yang dibutuhkan. 

Oleh karena itu, PAFI bekerjasama dengan pihak pemerintah dan instansi swasta lainnya untuk memastikan obat-obatan dapat didistribusikan ke seluruh pelosok dan daerah terpencil di Indonesia. Aksesibilitas seperti ini sangatlah penting untuk keberhasilan pencegahan dan penyembuhan penyakit. Selain itu, aksesibilitas seperti ini juga dapat menurunkan angka kesenjangan kesehatan antara wilayah pedesaan dengan perkotaan.

3. Memastikan keamanan penggunaan obat 

Memastikan keamanan obat beserta cara penggunaannya juga merupakan salah satu peran PAFI dalam mengatasi krisis kesehatan. Anggota PAFI, khususnya apoteker akan diberikan edukasi dan keterampilan dalam memastikan keamanan penggunaan obat. 

Nantinya, apoteker tersebut akan bertanggung jawab penuh ketika memberikan obat kepada pasien. Apoteker akan memastikan bahwa obat yang akan diminum oleh pasien telah sesuai dengan kondisi kesehatan pasien, baik dari segi dosis, dan segi penggunaannya yang benar dengan cara mengedukasi pasien. Hal tersebut perlu dilakukan oleh apoteker untuk menghindari efek samping obat dan interaksi berbahaya yang tidak diinginkan.

4. Mengembangkan infrastruktur di bidang farmasi 

PAFI juga ikut andil dalam mengembangkan infrastruktur di bidang farmasi, baik berupa lembaga pendidikan, lembaga penelitian, sektor pabrik obat-obatan, hingga teknologi. Dengan infrastruktur yang memadai, nantinya akan lahir ahli farmasi dan apoteker yang kompeten lebih banyak lagi. 

Dengan begitu perkembangan dunia farmasi di Indonesia akan berkembang pesat dan mampu bersaing secara internasional serta dapat mengentaskan masyarakat Indonesia dari krisis kesehatan. 

Demikian beberapa peran penting PAFI dalam mengatasi krisis kesehatan di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Mengingat peran yang diberikan PAFI sangat besar pada negara ini, apakah Anda tertarik menjadi bagian dari PAFI? Jika benar, Anda bisa mendaftarkan diri menjadi anggota PAFI dengan mengunjungi kantor PAFI terdekat dengan domisili Anda, ataupun melalui situs resmi milik PAFI di https://pafikandangan.org.

Komentar