Bukan Hanya Obat, Ternyata Kuliah Farmasi Juga Mempelajari Ilmu Ini!

Kemajuan dunia farmasi di Indonesia tidak lain karena adanya peran PAFI Batulicin beserta PAFI lainnya. Organisasi farmasi yang satu ini tengah membuka asumsi masyarakat awam bahwa kuliah farmasi tidak hanya mempelajari obat-obatan saja dan harus menjadi apoteker. Lantas apa yang dipelajari ketika kuliah farmasi? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

Apa Saja yang Dipelajari Ketika Kuliah Farmasi? 

Banyak yang beranggapan jika kuliah farmasi hanya berfokus mempelajari obat-obatan saja. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Adapun beberapa mata kuliah yang biasanya dipelajari oleh mahasiswa jurusan farmasi antara lain sebagai berikut. 

1. Farmasetika Dasar

Mata kuliah ini mempelajari pembuatan serta penyerahan obat, yang mencakup cara pengumpulan, penyimpanan, penambahan, standarisasi bahan pembuatan obat, pencampuran obat, serta penyiapan sediaan farmasetik yang bisa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan obat. 

2. Farmasi Fisika

Mata kuliah ini mempelajari sifat-sifat fisika kimia pada suatu zat yang digunakan untuk pembuatan sediaan obat yang memenuhi standar obat yang baik. 

3. Kimia Organik

Mata kuliah ini mempelajari struktur, komposisi, sifat, reaksi serta sintetis senyawa organik. 

4. Biokimia

Mata kuliah ini mempelajari ilmu tentang struktur, fungsi, serta interaksi biomolekul yang menyusun sel, reaksi metabolisme sel dan bioenergetika, mekanisme reaksi katalisis dari enzim, yang berhubungan dengan fungsi biologis dan fisiologis sel pada informasi genetik atau tingkat molekuler. 

5. Kimia Analitik

Mata kuliah ini mempelajari cara mengidentifikasi, dan menghitung komponen kimia dalam bahan alami ataupun bahan buatan. 

6. Kimia Sintesis

Mata kuliah ini mempelajari tentang reaksi kimia yang dapat menghasilkan suatu produk kimia atau beberapa produk kimia lainnya. 

7. Anatomi Fisiologi Manusia

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dan teori mengenai semua fungsi tubuh manusia secara terperinci. Mata kuliah ini juga dipelajari oleh jurusan kedokteran ataupun keperawatan. 

8. Farmakologi Dasar dan Toksikologi

Mata kuliah ini mempelajari mengenai dasar-dasar ilmu farmasi dan dasar-dasar ilmu tentang toksik atau racun. 

9. Analisis Fisikokimia

Mata kuliah ini mempelajari tentang cara mengevaluasi sifat kimia dan fisik pada suatu zat untuk mengetahui potensi efek samping pada kulit, misalnya iritasi, sensitisasi, hingga penetrasi. 

10. Mikrobiologi Farmasi

Mata kuliah ini biasanya mempelajari keterlibatan mikroorganisme pada dunia kefarmasian. Untuk mata kuliah ini biasanya mahasiswa farmasi melakukan penelitian di laboratorium khusus mikrobiologi farmasi. 

11. Imunologi

Mata kuliah ini mempelajari tentang daya tahan tubuh manusia. Mata kuliah ini juga dipelajari oleh jurusan kedokteran dan keperawatan. 

12. Bioteknologi Farmasi

Mata kuliah ini mempelajari tentang teknologi terbaru atau mutakhir pada ilmu biomedis. Teknologi terbaru tersebut digunakan untuk proses formulasi, produksi, mengubah organisme hidup menjadi zat sintesis biologis menjadi molekul obat untuk mencegah suatu penyakit. 

13. Farmasi Forensik

Mata kuliah yang mempelajari tentang penerapan ilmu farmasi khususnya obat-obatan pada permasalahan hukum. 

14. Biofarmasi

Mata kuliah ini mempelajari tentang bagaimana cara mengubah sumber biologi menjadi suatu ekstrak, sintesis, hingga produk farmasi. 

15. Parasitologi

Mata kuliah ini mempelajari tentang parasit. 

16. Interaksi Obat

Mata kuliah ini mempelajari tentang interaksi dan reaksi obat pada tubuh. 

17. Analisis Farmasi

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengujian bahan baku, hingga proses pemantauan kualitas pada produk farmasi. 

Dan masih banyak mata kuliah lainnya yang perlu dipelajari, hal ini membuat jurusan farmasi memiliki prospek kerja yang luas. Untuk mengetahui prospek kerja ilmu farmasi, Anda bisa bergabung dengan PAFI dengan mengunjungi link https://pafibatulicin.org.

Komentar