10 Rekomendasi PTN dengan Jurusan Farmasi Terbaik

Semakin hari dunia kefarmasian di Indonesia semakin cemerlang. Sebab infrastruktur, pelayanan, digitalisasi, hingga pendidikan di dunia kefarmasian semakin bagus dan merata. Hal tersebut tidak lain karena adanya peran dari PAFI Barabai dan cabang PAFI lainnya dalam meningkatkan kualitas dunia kefarmasian. 

Meningkatnya kualitas di dunia kefarmasian tentunya akan membuka peluang kerja di dunia kefarmasian semakin meningkat. Dan membuat lulusan farmasi mendapatkan prospek kerja cemerlang dengan gaji yang cukup besar. Hal ini tentunya membuat banyak orang ingin berkuliah di jurusan farmasi. Bagi Anda yang berminat kuliah di jurusan farmasi, maka Anda perlu mengetahui beberapa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang memiliki jurusan farmasi terbaik seperti berikut. 

PTN dengan Jurusan Farmasi Terbaik

Ada beberapa PTN dengan jurusan farmasi terbaik yang perlu diketahui. Untuk selengkapnya sebagai berikut. 

1. Universitas Indonesia (UI)

Tidak hanya menjadi kampus pertama dan terkemuka di Indonesia, ternyata UI juga memiliki jurusan farmasi dengan akreditasi terbaik. Pada jurusan farmasi, kampus Ui menawarkan pembelajaran mengenai pengembangan obat, sains farmasi, hingga praktik farmasi klinis. Selain itu mahasiswa yang berkuliah di jurusan farmasi juga akan dibimbing oleh dosen-dosen yang kompeten di bidangnya serta dilengkapi dengan fasilitas modern untuk membantu proses pembelajaran. 

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Meskipun kampus ITB terkenal akan jurusan teknik, namun kampus ini juga memiliki jurusan farmasi. Namun, pada program studinya kampus ITB lebih memprioritaskan pada teknologi sains farmasi. 

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus UGM juga menawarkan program studi kefarmasian dengan kurikulum riset dan pengembangan inovasi di bidang farmasi. 

4. UNAIR

Kampus UNAIR juga memiliki jurusan farmasi yang berkualitas. Sebab jurusan farmasi di kampus UNAIR, langsung melibatkan mahasiswa dalam pelayanan kesehatan masyarakat, riset hingga pengembangan obat-obatan. 

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Meskipun terkenal dengan jurusan pertanian, kampus IPB ternyata juga memiliki jurusan farmasi yang tidak kalah terkenal dengan kampus lainnya. Jurusan farmasi di IPB berfokus pada pengembangan kefarmasian pada sektor lingkungan atau pertanian. 

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jika Anda tertarik mempelajari sains farmasi, farmasi industri, dan farmasi klinis dengan pendekatan holistik, maka Anda bisa mengambil jurusan farmasi di UNDIP. Disini nantinya mahasiswa akan dilibatkan langsung dalam kegiatan riset pengembangan farmasi modern. 

7. Universitas Hasanudin (UNHAS) 

PTN dengan jurusan farmasi terbaik selanjutnya ada UNHAS. Kampus yang satu ini berfokus pada pengembangan ilmu farmasi, obat-obatan, dan pelayanan klinis yang disesuaikan untuk kebutuhan masyarakat luas. 

8. Universitas Sumatera Utara (USU)

Selanjutnya ada USU, kampus yang satu ini memiliki kurikulum farmasi yang berkualitas. Sebab kampus ini menawarkan mata kuliah yang kompleks di bidang kefarmasian. Mulai dari dasar-dasar farmakologi hingga farmasi klinis.

9. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Kampus UNPAD juga memiliki program studi farmasi yang berkualitas. Sebab kampus ini memiliki kurikulum yang berfokus pada penerapan ilmu kefarmasian di masyarakat serta pengembangan farmasi melalui riset terkini dan relevan. 

10. Universitas Negeri Jember (UNEJ)

Untuk kampus UNEJ sendiri menawarkan program studi farmasi yang berfokus pada pencetakan tenaga profesional di bidang kefarmasian sehingga nantinya semua lulusannya mendapatkan prospek kerja yang cemerlang. 

Demikian beberapa PTN dengan jurusan farmasi terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum kuliah. Dari beberapa rekomendasi PTN di atas, kira-kira kampus manakah yang akan Anda pilih?

Jika Anda adalah salah satu lulusan dari PTN terbaik di atas, Anda sangat disarankan untuk bergabung dengan PAFI untuk mendapatkan prospek kerja terbaik. Untuk info selengkapnya tentang PAFI, Anda bisa mengunjungi link berikut https://pafibarabai.org/

Komentar