10 Prospek Kerja yang Bagus Untuk Lulusan Kuliah Farmasi

Bagi sebagian orang, prospek kerja lulusan kuliah farmasi dianggap kurang jelas dan hanya mengandalkan profesi sebagai apoteker saja. Padahal fakta sebenarnya, tidaklah demikian. Justru lulusan kuliah farmasi bisa mendapatkan prospek kerja yang bagus. Sebab dunia kefarmasian di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat karena adanya peran organisasi seperti PAFI Kota Marabahan

Lantas apa saja prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan kuliah farmasi? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

1. Apotek, rumah sakit, dan laboratorium klinik

Layanan kesehatan seperti apotek, rumah sakit, dan laboratorium merupakan prospek kerja utama bagi lulusan farmasi. 

Di layanan kesehatan ini Anda bisa menjadi apoteker profesional. Namun untuk mendapatkan profesi tersebut Anda harus mengambil sertifikat profesi dengan menempuh pendidikan kurang lebih selama 2 semester atau 1 tahun.

2. Farmasi Industri 

Farmasi industri merupakan pekerjaan yang banyak diincar oleh lulusan kuliah farmasi selain profesi sebab memiliki kisaran gaji yang besar yakni sekitar Rp. 4 juta hingga Rp. 8 juta. Bagi lulusan farmasi bekerja di farmasi industri sangatlah mudah karena mata kuliah yang diajarkan sangat relevan dengan tugas R&D (Research and Development) sebagai penentu formula dan bahan baku produk farmasi, hingga penentu teknik pembuatannya. 

3. Dunia pendidikan 

Lulusan kuliah farmasi juga bisa berkiprah di dunia pendidikan, seperti menjadi guru di sekolah kefarmasian ataupun dosen di fakultas ilmu kefarmasian. Untuk menjadi dosen, Anda harus menamatkan pendidikan magister atau S2. 

4. Lembaga pemerintahan 

Lembaga pemerintahan juga bisa menjadi prospek kerja yang bagus bagi lulusan kuliah farmasi. Ada beberapa lembaga pemerintahan yang bisa Anda coba bekerja, mulai dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, hingga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

5. Sektor swasta 

Lulusan kuliah farmasi juga bisa berkiprah di perusahan farmasi milik swasta. Saat ini perusahan farmasi milik swasta yang ada di Indonesia sudah cukup banyak, dan gaji yang ditawarkan juga sudah cukup besar. 

6. Administrasi pelayanan obat 

Sebagai lulusan kuliah farmasi, tentunya Anda tidak hanya dibekali dengan ilmu meracik obat saja. Tentunya Anda juga dibekali dengan ilmu mengawasi bahan baku makanan, minuman, hingga kosmetik. Berbekal ilmu tersebut Anda bisa mendapatkan prospek kerja sebagai bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintah.

7. Penyuluh kesehatan 

Prospek kerja selanjutnya, Anda bisa bekerja sebagai penyuluh kesehatan. Pekerjaan ini memiliki fungsi mempertahankan dan meningkatkan gaya hidup masyarakat dengan cara memberikan edukasi dan mengadakan program kesehatan.

8. Peneliti farmasi 

Peneliti farmasi juga bisa menjadi prospek kerja yang bagus. Anda bisa mendaftarkan diri menjadi peneliti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Sebagai peneliti Anda bisa memanfaatkan tanaman atau rempah di Indonesia yang melimpah sebagai subjek penelitian.

9. Startup di bidang teknologi kesehatan 

Startup di bidang teknologi kesehatan juga bisa menjadi prospek kerja yang menjanjikan. Di bidang ini Anda, bisa menjadi seorang penulis konten kesehatan, atau konten kreator edukasi kesehatan secara online. 

10. Pengusaha 

Apabila Anda memiliki modal, lebih baik Anda mencoba prospek kerja sebagai pengusaha apotek. Seperti diketahui bisnis apotek merupakan bisnis yang tidak akan tergerus zaman.

Demikian beberapa prospek kerja yang bagus untuk lulusan kuliah farmasi, sebenarnya masih banyak prospek kerja lainnya. Anda bisa bergabung dengan PAFI untuk mendapatkan insight prospek kerja dunia farmasi. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi web https://pafikotamarabahan.org

Dari prospek kerja di atas, pekerjaan manakah yang cocok dengan minat Anda?

Komentar